Telkom - Mandiri bangun kerjasama Mobile Finance Services

Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom), Arief Yahya, melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Bank Mandiri terkait layanan Mobile Financial Services di Kempinski Hotel, Jakarta, Kamis (20/12). 

Arief Yahya, yang biasa di sapa AY, menyampaikan perlunya berpikir mengenai ke-Indonesiaan. Ia menilai untuk memenangkan persaingan diperlukan sinergi terbaik, bukan kompetisi. Sinergi tersebut menurutnya diperlukan agar Indonesia Digital Society tercipta dengan baik. Selain itu, AY juga menyampaikan hal tersebut sebagai keniscayaan yang pasti akan terjadi.

“Sebut saja hal ini adalah hybrid model, apa yang positif di Telco kita ambil dan apa yang terbaik di perbankan kita ambil, dan hal ini merupakan penggabungan yang bagus,” jelas AY.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai momentum yang ditunggu. Menurutnya, industri Financial harus mendapat support solusi ICT terbaik. Selain itu, Zulkifli juga berharap kedua belah pihak dapat menggabungkan kehandalan dari IT dan Financial.

Financial inclusion menjadi hal yang penting karena di Indonesia masih cukup tinggi segmen unbanked, yang terepresentasi dari rendahnya komposisi tabungan serta pinjaman,” ujar Zulkifli.

Terkait dukungan Telkom, Zulkifli berharap kerja sama tersebut dapat segera terealisasi, sehingga dapat membuat masyarakat mau memanfatkan perbankan.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Direktur Enterprise and Wholesale (EWS), Muhammad Awaluddin, dan Direktur ITSS, Indra Utoyo, DEGM DES, Siti Choiriana dan GM FMS, Syaifuddin, serta beberapa perwakilan operator telekomunikasi lain. 

(***)