Telkomsel bangun jaringan broadband di Purwakarta

Operator seluler terbesar PT Telkomsel membangun 80 base transceiver station, 40 di antaranya node B, di Purwakarta, Jawa Barat guna menghadirkan layanan broadband.

Head of Area Jabotabek Jabar Group Telkomsel Venusiana Papasi mengatakan  ekspansi tersebut merupakan bagian dari program Telkomsel untuk mendirikan 100 kota broadband tahun ini.

Dengan jaringan broadband itu, pemerintah dan warga dapat memanfaatkan layanan seperti e-goverment, e-education, e-health, dan komputasi awan.

"Kenyamanan berkomunikasi serta kemudahan dan kecepatan berinternet tentunya menjadi hal yang diidam-idamkan masyarakat Purwakarta,” kata Venus dalam rilisnya Minggu, 6 Mei 2012.

Pemerintah juga telah mencanangkan National Broadband Plan berupa pembangunan dan penyebaran jaringan broadband secara nasional.

Menurut data Bank Dunia, kontribusi broadband perekonomiannya lebih besar dari layanan fixed, mobile, dan internet. Setiap 10% peningkatan penetrasi broadband, perekonomian tumbuh 1,3%.

Kehadiran jaringan broadband di Purwakarta ditandai peluncuran Kartu As Purwakarta. Di hari pertama, kartu tersebut terjual sekitar 10.000 kartu aktif.

(***)

gambar : bisnis.com